SALAH SATU MANFAAT IKAN TUNA UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH, BENARKAH?

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ikan merupakan salah satu sumber makanan yang baik dan sehat dan juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, salah satunya jenis ikan ini adalah ikan tuna. Manfaat dari ikan tuna ini bahkan tidak hanya sebatas menjadikan makanan yang rendah lemak, namun ikan tuna juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh juga. Selain itu juga salah satu manfaat ikan tuna ini bisa didapatkan dari kandungan gizinya yang tidak kalah lengkap, mulai dari omega-3 hingga proteinnya.

Berikut beberapa manfaat dari ikan tuna yang baik untuk kesehatan seperti :
1. Menyehatkan jantung
2. Menjaga kesehatan reproduksi
3. Menurunkan tekanan darah tinggi
4. Meningkatkan daya tahan tubuh
5. Menyehatkan mata
6. Cocok sebagai makanan diet
7. Mendukung tumbuh kembang anak
8. Mencegah kanker
9. Menambah energi
10. Menjaga fungsi ginjal
11. Memperlancar sirkulasi darah

Namun dibalik manfaat dan khasiat dari ikan tuna yang bisa di dapatkan, ternyata mengkonsumsi ikan tuna juga memiliki resiko juga. Resiko mengkonsumsi ikan tuna ini terletak pada merkurinya, terutama pada ikan tuna yang biasanya dikemas dalam kaleng karena ikan tuna ini biasanya berukuran sangat besar maka akan lebih mudah terpapar oleh zat yang berbahaya ini. Merkuri yang nantinya masuk ke dalam tubuh secara berlebihan tentunya akan merusak sistem saraf dan otak, dampak merkuri yang akan di dapat menjadi paling berbahaya apabila terjadi pada anak balita, bayi dan pada ibu hamil.

Bahaya pada merkuri bisa menyebabkan anak balita cenderung mengalami keterlambatan dalam masa perkembangan dan juga kesulitan untuk belajar. Sementara jika dialami pada bayi dan janin, paparan merkuri yang berlebihan dapat menyebabkan kebutaan, cerebral palsy dan tuli. Jika terjadi pada orang dewasa, keracunan merkuri bisa mempengaruhi kesuburan dan tekanan darah.

Namum dibalik resiko yang di jelaskan di atas, anda tidak perlu terlalu khawatir karena tidak semua ikan tuna itu memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Jadi ikan tuna ini masih tergolong aman dan sehat untuk dikonsumsi. Tapi sebagai catatan penting juga, sebelum kalian ingin mengkonsumsi ikan tuna ini kalian perlu memilih jenis ikan tuna yang berasal dari sumber yang sudah terpercaya dan juga konsumsi lah ikan tuna dalam jumlah batas yang wajar jangan terlalu berlebihan, guna mencegah resiko yang terjadi seperti di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *