JAJANAN YANG BERBAHAYA BAGI ANAK-ANAK YANG HARUS DI KETAHUI

Sebagai orang tua kita harus selalu mewaspadai si anak ketika berada di sekolah, apa lagi untuk masalah makanan atau minum yang di jual di area sekolah si anak. Salah satunya seperti minuman yang berwarna yang di jual di sekolahan sebaiknya harus di hindari dari si anak-anak.

Karena sekarang ini sudah banyaknya yang sudah di dengar mengenai isu seputaran jajanan sekolah yang sering membuat orang tua merasa khawatir, tapi sebagai orang tua kita juga harus mengenali jenis jajanan apa yang sebaiknya harus di hindari dan harus menjelaskan kepada si anak juga untuk tidak jajan sembarangan ketika berada di sekolah.

Jajanan anak sekolahan biasanya di buat dengan bentuk yang untuk untuk makanan dan unik minuman biasanya di buat dengan rasa yang manis dan warna yang unik juga sehingga bisa menarik perhatian anak-anak.

Lalu jajanan seperti apakah yang pantas untuk di hindari? Untuk jajan anak sekolahan tentunya banyak macam dimulai dari gorengan sampai sirup es. Penelitian kemenkes pernah melakukan pengambilan contoh pada beberapa jenis jajanan anak di sekolahan dan di teliti kandungan yang terdapat pada jajanan tersebut ternyata hasilnya terlihat sangat mengecewakan karena jajanan yang di jual di sekolahan mengandung zat yang berbahaya seperti pemanis buatan atau pewarna tekstil.

Jajanan di sekolahan sangat bervariasi baik dari sisi pengolahannya maupun merk pada jajanan ank sekolahan serta kemasannya. Oleh sebab itu sebagai orang tua harus member ipengertian kepada si anak untuk tidak jajan sembarangan atau minuman yang memiliki warna. Karena anak-anak kemungkinan besar belum bisa memilih jajanan yang berbahaya itu seperti apa.

Sebenarnya melarang anak untuk jajan sembarangan di sekolahan itu bukan berprasangka buruk terhadap pedagang yang berjualan di area sekolahan, karena sudah banyak sekarang ini area penjualan jajan di sekolahan tidak memperhatikan kualiatas makanan yang mereka, mereka hanya memikirkan bagaimana mengeluarkan modal yang kecil tapi mendapatkan keuntungan yang besar tanpa memikirkan bahaya apa yang bisa di dapatkan oleh si anak.

Tapi perlu diketahui juga tidak semua juga jajanan yang di jual di sekolahan itu berbahaya, jajanan anak yang aman di konsumsi apabila sudah memastikan keamanan dan kebersihan secara keseluruhan tetapi untuk meminimalisir agar anak tidak sembarangan jajan di sekolahan anda bisa membuat bekal untuk anak jadi mereka bisa memakan bekal saja tanpa harus membeli makanan atau minuman di sekolahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *