Semua Orang Membutuhkan Waktu Untuk Memproses Segala Kejadian Yang Terjadi

Berlatih Mengendalikan Perasaan Takut Di Dalam Diri Itu Penting

Di dunia ini tidak ada yang instan. Tidak ada yang langsung jadi. Semua pasti membutuhkan proses. Semua pasti membutuhkan waktu untuk bisa terbentuk dan sampai bisa dinikmati oleh banyak orang. Begitu pun dengan manusia. Tidak ada yang instan, semua membutuhkan proses. Semua membutuhkan waktu untuk bisa menerima dan memahami segala sesuatu. Memang bisa saja segala sesuatu tetap berjalan seperti biasa, tapi akan ada yang miss akan ada masalah-masalah kecil, atau durasi dalam mengerjakan suatu hal semakin lama. Karena seseorang belum selesai memproses apa yang terjadi. 

Semua Orang Membutuhkan Waktu Untuk Memproses Segala Kejadian Yang Terjadi

Sehingga saat seseorang mendapatkan atau mengalami kejadian yang besar yang dimana memberikan dampak dan efek perubahan. Dimana mengubah sesuatu dalam hidup seseorang. Entah kebiasaannya jadi berubah, atau pola pikir menjadi berubah. Itu butuh waktu untuk seseorang bisa memproses semuanya. Butuh waktu untuk mereka bisa menerima itu, menerima keadaan yang sekarang, dan beradaptasi dengan keadaan yang baru. Jika dipaksakan, maka dia akan berantakan. Dia akan kehilangan kendali. Dan semakin lost. Makanya setiap orang diberikan kesempatan.

Kesempatan untuk menenangkan diri, waktu untuk recover, dari beberapa hal. Misalnya dari kecelakaan, dari pasca lahiran, dari operasi, dan lain hal sebagainya. Karena itu adalah keadaan dimana seseorang harus mengalami perubahan. Ada sesuatu yang hilang, ada sesuatu yang berpindah, yang tidak akan sama seperti sedia kala. Sehingga orang-orang dalam keadaan tersebut, akan diberikan waktu untuk diam dan tenang. Mereka akan berpikir dan memproses segala sesuatu. Bahwa ini benar-benar terjadi. Ini sudah terjadi. Dan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Mereka harus menyusun lagi strategi hidup mereka selanjutnya. Mereka harus membuat jadwal mereka baru lagi. 

Sehingga semua itu dibutuhkan waktu, dibutuhkan proses. Tidak hanya untuk penyembuhan secara fisik tapi juga secara psikis. Dan itu sangat penting. Dan kita harus memberikan mereka ruang, dan waktu untuk itu. Jangan malah mendesak dan membuat mereka semakin tertekan akan apa yang sedang terjadi, akan apa yang mereka sedang alami. Kita harus memiliki peka dan pengertian yang lebih di saat seperti ini.