Belajar Untuk Tidak Mengeluh Tapi Hadapi Dan Syukuri 

Belajar Untuk Tidak Mengeluh Tapi Hadapi Dan Syukuri 

Jika anda sedang dalam masa sedih, dalam masa-masa rendah. Dimana anda sedang mengalami, menghadapi masalah. Dan rasanya belum ada titik terang dari masalah itu. Anda mulai tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas sehari-sehari. Sehingga itu mengganggu komunikasi mu sehari-hari dengan orang-orang sekitar. Dan belum beres dengan masalah itu, sudah dihadapkan dengan masalah yang baru. Sehingga rasanya kenapa semua datang di satu waktu. Dan rasanya anda sedang sangat menderita.

Belajar Untuk Tidak Mengeluh Tapi Hadapi Dan Syukuri

Saat anda sedang merasa semua itu, anda sedang merasa sangat menderita. Cobalah untuk diam sejenak, keluar dan cari udara segar. Lihat dan cermati dengan saksama semua orang di sekitarmu. Anda bisa melihat ekspresi wajah mereka. Anda bisa mulai memperhatikan apa yang mereka lakukan. Dan bisakah anda berpikir, dan menebak kira-kira mereka sedang mengalami hal yang serupa dengan anda atau tidak. Atau mungkin mereka sedang memiliki masalah lebih besar dari kita. Tapi mereka masih bisa beraktivitas, masih bisa bersenang-senang dengan cara mereka.

Masih bisa melakukan semua kegiatan mereka dengan baik. Kadang saat kita sedang memiliki banyak masalah, yang paling sering kita lakukan adalah mengeluhkannya. Merasa betapa sialnya anda. Apa yang sedang terjadi. Kenapa semua masalah ini datang di satu waktu. Tidakkah bisa memberikan anda sedikit jeda untuk menyelesaikan yang satu dulu baru datang lagi masalah yang lain. Dan semua perkataan dan pikiran yang muncul adalah keluhan. Tanpa kita sadari ada banyak orang yang memiliki masalah jauh lebih berat dari kita, jauh lebih banyak dari kita.

Bahkan mereka telah mengalaminya bertahun-tahun, bahkan berkali-kali. Tapi mereka masih bisa cheer up. Intinya, nikmati semua masalah itu. Nikmati setiap proses dari masalahmu. Sehingga anda tahu anda harus melakukan apa. Apa yang harus anda putuskan. Langkah seperti apa yang sebaiknya anda ambil untuk menyelesaikan masalah kalian. Dan belajar mensyukuri atas segala masalah yang anda dapatkan. Berarti Tuhan masih mempercayakan anda untuk menghadapi perkara-perakara tersebut. Berarti Tuhan yakin anda mampu.