Bagaimana Peran Dan Cara Kerja Psikolog Harus Anda Tahu

Bagaimana Peran Dan Cara Kerja Psikolog Harus Anda Tahu

Saat anda memiliki masalah mental, memiliki banyak permasalahan yang rasanya pikiran anda sudah bertumpuk-tumpuk. Tidak ada salahnya untuk anda meminta pertolongan dan menyelesaikan masalah anda. Setiap orang juga pasti memiliki masalah yang berbeda-beda. Jangan memaksakan diri anda untuk bisa dan mampu handle semuanya. Semua orang juga memiliki kapasitasnya. Kadang karena keras kepala kita berpikir kita masih bisa mengatasi semuanya sendiri, membuat kita semakin terluka dan malah mendapatkan jalan buntu.

Bagaimana Peran Dan Cara Kerja Psikolog Harus Anda Tahu

Tidak semua orang memiliki kapasitas besar dan bisa menghadapi segala macam permasalahan. Semua orang memiliki kapasitas berbeda, memiliki cara menyelesaikan masalah yang berbeda. Sehingga kita tidak bisa memaksakan seseorang mengikuti cara A atau B untuk menyelesaikan masalah. Saat anda dihadapi oleh beberapa jumlah masalah, yang anda pikirkan adalah menyelesaikannya. Tapi anda bingung mau menyelesaikan dari mana dulu. Karena segitu banyaknya masalah yang ada di pikiranmu.

Inilah saat anda butuh psikolog. Anda butuh konseling. Sehingga dengan anda menceritakan apa yang anda alami, apa yang anda hadapi, dan apa yang anda rasakan. Membantu psikolog untuk merapihkan setiap permasalahan di kepalamu. Mungkin psikolog tidak bisa benar-benar menyelesaikan masalah anda. Karena masalah anda, anda lah yang berhak dan wajib menyelesaikan masalah sendiri, tanpa melibatkan orang lain.

Tapi disini posisi psikolog adalah untuk membantu memberikan sudut pandang yang berbeda. Membantu anda merapihkan segala macam pikiranmu. Mana yang menjadi prioritas dan tidak. Mana yang harus diselesaikan duluan. Sehingga anda semakin siap dan kuat untuk bangkit dan beraktivitas. Siap menghadapi berbagai permasalahan yang ada di depan anda.

Sehingga anda ada semangat kembali, semakin jelas jalan anda. Semakin jelas tujuan anda. Apa yang harus anda ubah, kemana tujuan anda. Apa kebutuhan anda. Bagaimana cara anda handle semuanya. Itulah fungsinya psikolog. Jadi jangan berpikir jika anda konsultasi pada psikolog, anda gila. Buang jauh-jauh, pola pikir tersebut. Buang pola pikir yang oh saya kuat saya tidak butuh bantuan psikolog.