Manfaat Mengkonsumsi Tempe

Tempe merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang mempunyai sangat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak sekali penelitian, baik dari dalam ataupun luar negri yang membuktikan jika tempe termasuk makanan yang banyak manfaat.

1. Mengaktifkan Sel Kekebalan Tubuh
Menurut para peneliti kalau tempe itu termasuk dalam makanan dengan kadar isoflavonoid yang tinggi. Kandungan ini dapat memberikan efek anti radang dan anti tumor. Selain itu, jika sering mengkonsumsinya juga dapat membantu untuk mengaktifkan sel kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit dengan efektif.

2. Menjaga Jaringan Otot
Pada setiap 100 gram atau sekitar 2 potong tempe memiliki kandungan 19 gram protein. Jumlah tersebut memenuhi 34% kebutuhan protein harian orang dewasa. Dan salah satunya fungus protein adalah menjaga jaringan otot agar tetap baik.

3. Menurunkan Kolestrol Jahat
Tempe terbuat dari kacang kedelai yang mengandung banyak isoflavon. Zat ini berfungsi untuk menurunkan kadar kolestrol jahat. Selain itu tempe juga mengandung niacin yang membantu tubuh untuk mengontrol jumlah kolestrol.

4. Menurunkan Berat Badan
Penelitian mengenai tempe yang di lakukan oleh para peneliti mendapatkan hasil yang menakjubkan. Hasil dari penelitian ini mengatakan kalau kandungan kalsium pada 4 potong tempe bisa di bandingkan dengan susu sapi.

Sedangkan kalsium, selain untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, juga terdapat beberapa fungsi utama yang lain. Salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan. Hal ini di karenakan kalsium bekerja dalam memaksimalkan pembakaran lemak di bandingkan menyimpannya.

5. Mencegah Kanker Payudara
Berdasarkan hasil penelitian di ketahui kalau antioksidan genestein dan phytoestrogen yang terdapat pada tempe ini bisa mencegah kanker payudara dan prostat. Radikal bebas adalah atom satu atau lebih electron yang tidak berpasangan. Atom ini reaktif dan bisa mengakibatkan kanker. Dengan adanya antioksidan pada tubuh maka terbentuknya radikal bebas bisa di cegah.

6. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Sebuah penelitian mendapatkan sempel sebanyak 52 wanita menopause. Para wanita tersebut di berikan 150 gram tempe setiap harinya selama 4 minggu. Jumlah tersebut setera dengan 3 potong tempe yang berukuran sedang.

Hasil uji menunjukan kalau setelah 4 minggu, profil lipid para wanita tersebut mengalami perbaikan, yaitu menurunnya kadar kolestrok dan trigliserida. Para penelitian mengatakan kalau tempe memiliki kemampuan untuk menurunkan resiko penyakit jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *