Dampak Buruk Jika Mengkonsumsi Gula Yang Berlebihan

Makanan dan minuman manis masih menjadi favorit kebanyakan orang. Makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula memang terasa lebih nikmat. Tapi sebaiknya anda membatasi kebiasaan ini. Karena jika kita mengkonsumsi gula yang berlebih dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda. Berikut ini adalah dampak buruk pada kesehatan jika mengkonsumsi gula dengan secara berlebihan dan terus menerus.

1. Merusak Fungsi Otak
Mengkomsumsi gula memberi otak anda masuknya zat kimia yang disebut sebagai dopamine. Zat ini dapat memberikan sensasi yang tenang pada tubuh. Akan tetapi ketika efek tersebut hilang, maka tubuh akan menjadi rasa lapar untuk terus meminta masukan dopamine dalam jumlah yang banyak. Yang akibatnya, anda akan menjadi lebih tergantung pada sesuatu yang manis atau yang terdapat kandungan gula.

2. Mengganggu Mood
Makanan atau minuman manis bisa memberikan anda masukan energy dengan meningkaykan kadar gula darah. Namun, efek tersebut berlangsung sebentar. Sesudahnya, anda malah akan merasa kelelahan, gelisah dan cemas. Penelitian sudah mengkaitkan konsumsi gula dengan secara berlebihan dengan naiknya resiko depresi pada orang dewasa.

3. Radang Sendi
Jika mengkonsumsi gula berlebihan bisa mengakibatkan terjadinya rheumatoid arthritis yang biasa di sebutkan jika gula bisa memperparah gejala radang sendi yang sudah ada sebelumnya.

4. Meningkatkan Resiko Diabetes
Apabila jika semakin banyak mengkonsumsi gula, maka semakin naik juga berat badan anda. Seperti obesitas atau kelebihan berat badan adalah asal mula dari masalah kesehatan, salah satunya adalah diabetes mellitus type 2.

5. Gangguan Pembuluh Darah
Pada saat anda mengkonsumsi gula yang berlebih, hormone akan bertambah dalam aliran dapat dan bisa untuk mempengaruhi kondisi arteri. Hal ini biasanya diakibatkan oleh dinding pembuluh darah tebal lebih cepat dibandingkan dari biasanya dan menjadi tegang. Alhasil, jantung akan mengalami kerusakan dengan seiring waktu.

6. Gagal Ginjal
Ginjal yang berperan penting dalam menyaring gula pada tubuh. Dengan begitu kadar gula darah akan mencapai kadar yang tinggi akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis, maka ginjal akan membiarkan gula masuk ke urine. Apabila jika keadaan seperti ini terus berlanjut, maka gagal ginjal tidak bisa untuk di hindari lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *